PROGRAM STUDI PADA BIDANG KOMPUTER DAN INFORMATIKA

Apa saja program studi tersebut?diantaranya adalah Sistem Komputer, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Rekayasa Perangkat Lunak. Mungkin masih banyak para calon mahasiswa yang masih bingung dimana perbedaan bidang ilmu tersebut. Maka dari itu saya mencoba menjelaskan dimana letak perbedaan tersebut agar program studi yang dipilih sesuai dengan kemampuan dan tujuan keahlian diri kita. karena saya punya pengalaman tersendiri saat memilih salah satu program studi tersebut yang akhirnya saya harus jalani. Berikut adalah perbedaan dan penjelasannya :

Program studi Sistem Komputer dahulu sebagai teknik komputer didominasi oleh perguruan tinggi negri ( Terutama yang memiliki jurusan atau program studi elektro ) menekankan pada kemampuan individu dalam merancang dan mengembangkan perangkat keras berbasis digital.
  • ·         Terkait dengan desain dan konstruksi sistem berbasis komputer.
  • ·         Mencakup studi mengenai perangkat keras, perangkat lunak, teknologi komunikasi, dan interaksi dalam komponen tersebut.
  • ·         Kurikilum fokus pada teori, prinsip, praktek ilmu elektronika serta matematika, untuk kemudian diimplementasikan dalam bentuk desain komputer atau teknologi lain berbasis digital.
  • ·         Belakangan ini berkembang menjadi ilmu yang mempelajari pula cara mendesain beragam peralatan berbasis digital yang banyak ditemui di pasar (digital gadget) dan beragam peralatan perangkat keras komunikasi yang banyak dipergunakan dalam jaringan komputer.
  • ·         Disamping itu terkait pula dengan studi perancangan komponen berbasis digital (embedded devices).

Program studi Ilmu Komputer atau dikenal sebagai teknik informatika merupakan bidang studi yang paling banyak ditekuni secara seimbang oleh institusi negri maupun swasta menekankan pada kemampuan individu dalam merancang dan mengembangkan ragam algoritma komputasi.
  • ·         Spektrumnya sangat beragam dari yang sangat teoritis dan algoritmis, hingga yang bersifat sangat terapan seperti pengembangan robotika dan sistem cerdas.
  • ·         Terbagi menjadi tiga bagian utama :
-          Fokus pada teori maupun algoritma yang dipergunakan dalam proses perancangan dan implementasi perangkat lunak.
-          Fokus pada teori maupun algoritma yang dipergunakan dalam proses perancangan sistem perangkat keras serta komponennya.
-          Fokus pada teori maupun algoritma yang dipergunakan sebagai model matematis dalam menyelesaikan permasalahan tertentu.
  • ·         Kurikulumnya akan sangat kental dengan ilmu pengetahuan yang terkait dengan logika matematika, komputasi, dan algoritma yang dalam model terapannya dinyatakan dalam pengembangan program komputer.

Program studi Teknologi Informasi menekankan pada kemampuan individu dalam merencanakan, menentukan, dan mengelola informasi.
  • ·         Berbeda dengan sistem informasi yang menekankan pada “informasi”, program studi teknologi informasi fokus pada aspek “teknologi “ sebagai entitas pemungkin organisasi.
  • ·         Menekankan pada proses tata kelola perencanaan dan organisasi, pengadaan dan implementasi, penerapan dan pemeliharaan, serta pengawasan dan evaluasi sumber daya teknologi informasi yang ada pada suatu institusi.
  • ·         Spektrum fokus kurikulum dari sekedar mempelajari tren teknologi di masa mendatang hingga melakukan “ perancangan” ide atau gagasan terhadap inovasi teknologi yang dibutuhkan organisasi.
  • ·         Kurikulum akan sangat padat dengan isu tata kelola dan governance teknologi informasi.
Program studi Sistem Informasi menekankan pada kemampuan individu dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem  informasi organisasi.
  • ·         Fokus pada teknik mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan organisasi agar informasi dapat terpenuhi.
  • ·         Menekankan pada “ Informasi” sebagai sebuah sumber daya penting dalam berproduksi, terutama dalam kaitannya kebutuhan korporasi dalam pencapaian visi dan misi yang dicanangkan.
  • ·         Mempelajari aspek penting bagaimana “Informasi” diciptakan, diproses, dan didistribusikan ke seluruh pemangku kepentingan dalam institusi.
  • ·         Kurikulum harus ditekankan pada bagaimana memastikan agar teknologi dan sistem informasi yang dimiliki selaras dengan strategi bisnis perusahaan, agar dapat tercipta keunggulan kompetitif dalam bersaing (The value of information technology to the business).

 Program studi Rekayasa Perangkat Lunak menekankan pada kemampuan  dalam merancang dan  mengembangkan software.
  • ·         Sebagai hal yang paling banyak dibutuhkan industri, studi ini menekankan pada pengembangan dan penerapan metodologi pembuatan perangakat lunak dengan kualitas prima.
  • ·         Fokus pada pengembangan model sistematis dan terpercaya yang harus dipergunakan sebagai dalam panduan dalam mengembangkan berbagai jenis perangkat lunak.
  • ·         Selain perangkat lunak aplikasi, mencakup pula pengetahuan mengenai bagaimana membangun sebuah perangkat lunak sistem ( sistem software) dan perangkat lunak penunjang (tool software).
  • ·         Disamping itu dibekali pula akan ilmu yang terkait dengan seluk beluk insfrastruktur di satu sisi, dan sistem informasi di sisi lainnya. Karena kedua komponen tersebut merupakan entitas penting yang berbeda dalam ruang lingkup pengembangan perangkat lunak. 
 Demikian penjelasan tentang perbedaan ilmu-ilmu di bidang komputer dan informatika semoga bermanfaat bagi para pembaca dan khususnya pada calon-calon mahasiswa.


0 Response to "PROGRAM STUDI PADA BIDANG KOMPUTER DAN INFORMATIKA"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme