FILSAFAT ILMU KOMPUTER


Secara garis pengertian filsafat ilmu adalah filsafat yang mendalami hakikat ilmu atau filsafat yang membahas tentang ilmu.
A.    Pengertian filsafat
Perkataan inggris philosophy yang berarti filsafat berasal dari kata yunani “philosophia” yang lazim di terjemahkan sebagai cinta kearifan. Akar katanya adalah philos (philia,cinta) dan sophia (kearifan).  Banyak pengertian dan definisi tentang filsafat yang telah dikemukakan oleh para filsuf, diantaranya :
·         Merriam-webster (dalam soeparmo,1984), secara harfiah filsafat berarti cinta kebijaksanaan.
·         Menurut tradisi filsafati dari zaman yunani kuno, orang yang pertama memakai istilah philosophia dan philosophos ialah pytagoras (592-497 S.M.), yakni seorang ahli matematika yang kini lebih terkenal dengan dalilnya dalam geometri yang menetapkan a2 + b2  = c2. Baginya kearifan yang sesungguhnya hanya dimilki oleh tuhan.
·         Selanjutnya orang yang oleh para penulis sejarah filsafat diakui sebagai Bapak filsafat ialah Thales ( 640 – 546 S.M.). ia merupakan seorang filsuf yang mendirikan aliran filsafat alam semesta atau kosmos dalam perkataan yunani. Menurut aliran kosmos, filsafat adalah suatu penelaahan terhadap alam semesta untuk mengetahui asal mulanya, unsur-unsurnya dan kaidah-kaidahnya ( The Liang Gie,1999).
·         Menurut Koento Wibisono dkk. (1997), dengan melakukan refleksi yaitu berfikir tentang pikirannya sendiri. Dengan demikian tidak semua persoalan itu harus persoalan filsafat.
B.     Filsafat Ilmu
Menurut The Liang Gie (1999), filsafat ilmu adalah segenap pemikiran reflektif terhadap persoalan-persoalan mengenai segala hal yang menyangkut landasan ilmu maupun hubungan ilmu dengan segala segi dari kehidupan manusia. Filsafat ilmu merupakan suatu bidang pengetahuan campuran yang eksistensi dan pemekarannya bergantung pada hubungan timbal balik dan saling berpengaruh antara filsafat dan ilmu.

C.     Filsafat ilmu sebagai landasan pengembangan pengetahuan alam
Frank ( dalam soeparmo, 1984), dengan mengambil sebuah rantai sebagai perbandingan, menjelaskan bahwa fungsi filsafat ilmu pengetahuan alam adalah mengembangkan pengertian tentang strategi dan taktik ilmu pengetahuan alam. Menurut frank, filsafat ilmu pengetahuan alam adalah menjembatani putusnya rantai tersebut dan menunjukan bagaimana seseorang beranjak dari pandangan common sense (pra-pengetahuan) ke prinsip-prinsip umum pengetahuan alam.

Ilmu Komputer
Berasal dari "Computer Science" yaitu mengenai pemrosesan informasi dengan
struktur informasi dan prosedur yang masuk ke dalam representasi dari pemrosesan
tersebut, dan dengan implementasinya dalam sistem pemrosesan informasi.

Computer = computare
Ilmu komputer merupakan ilmu pengetahuan yaitu pengetahuan yang telah diuji
kebenarannya melalui metode ilmiah yang obyeknya adalah komputer digital dan
fenomena di sekitar mereka (sebagai pemroses dan penyaluran informasi).

Jadi filsafat ilmu komputer adalah pemikiran yang sedalam-dalamnya untuk
memperoleh kebenaran, makna, tujuan serta nilai-nilai ilmu komputer bagi
kehidupan manusia.

1 Response to "FILSAFAT ILMU KOMPUTER"

  1. Lia Irna says:

    nice artikel.!!


    Obat Tradisional Lutut Sering Ngilu

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme